RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah           : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Mengenal bola
-         Menendang bola
-         Menghentikan bola / mengontrol bola
-         Menggiring bola
-         Melempar bola
-         Bermain sepak bola secara sederhana
C.     Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan   pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -      Teknik mengenal bola dilakukan dengan   cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola -      Teknik menendang bola dengan menggunakan   kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar -      Teknik menghentikan / mengontrol bola   dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar. -      Teknik melempar bola dilakukan dengan   cara :  a. berdiri   diluar garis samping b.bola dipegang dengan dua tangan dari   atas belakang kepala c. badan ditarik ke belakang diteruskan   dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut,   panggul, bahu dan tangan) -        teknik bermain bola secara sederhana  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi   terhadap kegiatan yang baru dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat  :  Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan passing bawah
-         Melakukan passing atas
-         Melakukan servis bawah
-         Bermain bola voli secara sederhana
C.     Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Voli
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi   dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan : a.         Passing bawah b.        Passing atas c.         Servis bawah Setelah melakukan latihan tersebut   diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan   yang sederhana  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi   terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni   2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
-         Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
-         Melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
-         Melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
-         Melakukan teknik dribbling
-         Bermain basket secara sederhana
C.     Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi   dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan : a.         Lempar tangkap bola setinggi dada b.      Lempar tangkap bola pantulan ke lantai c.       Lempar tangkap bola operan dari samping d.        Dribble sambil berjalan dan berlari Setelah teknik tersebut diatas dirasa   cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang   sederhana  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -      Peserta didik dibariskan, diadakan   koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan basket, bola basket, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.2        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan teknik melambungkan bola
-         Melakukan teknik melempar bola dengan benar
-         Melakukan teknik menangkap bola dengan benar
-         Melakukan teknik memukul bola
-         Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi 
C.     Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Rounders
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -      Peserta didik masih tetap menjadi 4 saf,   saling berhadapan untuk melakukan : a.         Lempar tangkap bola melambung b.        Lempar tangkap bola datar c.         Lempar tangkap bola menggelinding d.        Teknik memukul bola e.         Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi   kegiatan yang telah dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Petunjuk Permainan Tradisional oleh UNS
Alat  : Stick (alat pemukul Rounders), bola rounders, tempat hinggap
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni   2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.3        Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan teknik start jongkok
-         Melakukan teknik teknik berlari
-         Melakukan teknik memasuki finish
C.     Materi Pokok
Lari Jarak Pendek
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat   diteruskan dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Melakukan start jongkok Macam-macam   start jongkok : a.         Start pendek b.        Start menengah c.         Start panjang Cara   melakukan : d.Sikap awal berdiri di belakang   garis start, langkahkan kaki kiri ke depan, dan jari kaki lurus ke depan. e. Letakkan jari-jari kaki belakang segaris   dengan tumit kaki depan. Jarak antara kedua kaki satu tapak tangan   (start pendek/ Bunch Start) f.  Jatuhkan badan ke depan dan letakkan   jari0jari tangan di belakang garis start (membentuk huruf V terbalik). Sikap   lengan lurus, berat badan hampir seluruhnya bertumpu pada kedua tangan. g. Aba-aba siap, angkat panggul ke atas,   sehingga pantat lebih tinggi dari pundak. h. Aba-aba “Ya”, tolakan kaki pada balok   start sekuat-kuatnya, lalu berlari secepat-cepatnya. -      Teknik berlari, lari jarak pendek   menapak menggunakan ujung kaki, mengangkat lutut tinggi, ayunan tangan   mengikuti langkah kaki. -      Teknik masuk finish dilakukan dengan   tetap berlari tanpa mengurangi kecepatan, menyentuh finish dengan cara   memiringkan bahu atau ambyuk.  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi   terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat  : Lapangan, balok start, bendera start, stop watch, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
1.4        Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri, serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan sikap pasang dengan benar
-         Melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik
-         Melakukan berbagai teknik tendangan
C.     Materi Pokok
Teknik Dasar Pencak Silat
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti Masih dalam formasi 4 saf diteruskan latihan : -      Sikap pasang adalah suatu sikap siaga   untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal   serta akhir dari rangkaian gerak. Unsur sikap pasang : sikap kuda-kuda, sikap   tubuh, sikap lengan dan sikap tangan. -        Latihan teknik pukulan dari depan a. Tinju dilakukan dengan cara tangan   dikepalkan b.Tebak dilakukan dengan menggunkan satu   telapak tangan c. Sodok dilakukan menggunakan telapak   tangan terlentang d.Bandul dilakukan dengan mengayun   kepalan -      Latihan teknik pukulan dari arah bawah a. Bandul   dilakukan seperti upper cut dalam tinju b.Sanggah dilakukan menggunakan pangkal   telapak tangan c. Colok / tusuk dilakukan menggunakan   jari-jari terbuka -      Teknik tendangan dapat dilakukan dari   arah : a. Depan b.Samping c. Belakang d.Busur  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang   baru saja dipratekkan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Aula, pelindung badan
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni   2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
2.1        Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-         Melakukan berbagai bentuk latihan kelentukan
-         Melakukan brebagai bentuk latihan keseimbangan
C.     Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a   bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan   dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.  Kelompok 1 : melakukan   latihan kekuatan otot lengan dengan push up a.       Melakukan latihan kekuatan otot Perut dengan sip-up b.       Melakukan latihan kekuatan otot Punggung dengan back off c.         Melatih otot kaki dengan squat jump Kelompok 2 : melakukan   latihan kekukatan dari anggota tubuh bagian atas menuju anggota bagian bawah. Kelompok 3 : melakukan   latihan keseimbangan Setelah dirasa cukup, tiap kelompok bergantian   melakukan latihan lainnya, sehingga ketiga kelompok latihan kekuatan,   kelentukan dan keseimbangan  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -      Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah   dilaksanakan -      Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat  :  Aula, stop watch
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melalui pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
2.2        Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B.     Indikator
-         Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
-         Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
C.     Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi   Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a   bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan   secara singkat dan dilanjutkan dengan pemanasan / warming up.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -      Praktek tes dan pengukuran kebugaran jasmani adapun   rangkaian tes kebugaran jasmani untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA)   terdiri dari : a.       Lari 60 meter b.         Gantung angkat tubuh 60 detik untuk pria dan gantung   siku tekuk untuk wanita. c.       Baring duduk 60 detik d.       Loncat tegak e.         Lari 1200 meter untuk pria dan 1000 meter untuk wanita -        Hasil dari rangkaian tes dicatat dan hasilnya yang   masih berupa hasil kasar yang masih merupakan satuan ukuran yang berbeda   perlu diganti dengan satuan ukuran yang sama, satuan ukuran pengganti ini   adalah nilai. Nilai deroleh dari tabel yang sudah ditentukan. Setelah diubah   menjadi nilai langkah berikutnya adalah menjumlahkan nilai-nilai kelima butir   tes. Hasil penjumlahan menjadi dasar untuk menentukan mategori kebugaran   jasmani peserta didik.  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -      Peserta didik dibariskan, sambil mengumpulkan   catatan hasil tes, kemudian dievaluasi kegiatan yang telah dilakukan/ -      Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Lapangan, stop watch, palang tunggal, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian dengan mengamati hasil tes (tes perbuatan)
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
3.2        Mempraktikkan rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman
B.     Indikator
-         Melakukan gerakan guling lenting
-         Melakukan gerakan kayang
-         Melakukan sikap lilin
-         Melakukan head stand (berdiri dengan kepala)
-         Melakukan sikap berdiri dengan kedua telapak tangan
C.     Materi Pokok
Senam Lantai
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan   presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan   dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Melakukan latihan : ·    guling lenting -      sikap awal : berdiri tegak, tangan lurus   disamping badan -      langkahkan kaki kiri ke depan dan tekuk   lututnya, sedangkan kaki kanan lurus dibelakang -      tekuk kedua siku, masukkan kepala   diantara dua tangan, posisi kedua tangan dan kaki segaris lurus -      lemparkan kaki kanan keatas depan   diikuti lentingan tungkai kaki kiri, pinggul dan tubuh mengikuti kedua lengan   lurus keatas depan. -      Kedua kaki rapat mendarat di matras   bersama-sama  ·    Gerakan kayang -        sikap awal : berdiri tegak, kaki agak dibuka -        luruskan lengan ke atas, tengadahkan kepala   lengkungkan badan ke belakang secara perlahan-lahan sampai kedua telapak   tangan menyentuh matras, posisi kedua tangan terbuka ·    sikap lilin -      sikap awal : berbaring telentang, kedua   tangan disamping badan -      angkat tungkai lurus keatas, pinggul   ikut keatas, kedua tangan menahan pinggul, untuk keseimbangan  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
·    head stand -      sikap awal : berdiri tegak, kedua tangan   rapat disamping badan -      bungkukkan badan ke depan, letakkan   kedua telapak tangan di matras -      letakkan dahi di matras diantara dua   tangan yang membentuk segitiga -      angkat pinggul ke atas, badan tegak   lurus pada matras -      Berdiri tegak dengan salah satu kaki   didepan, tangan dirapat di badan -      Bungkukkan badan ke depan, letakkan   kedua telapak tangan di lantai, ayunkan kaki belakang keatas diikuti oleh   kaki satunya, kemudian dirapatkan lurus keatas, pertahankan  |    |||
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, dievaluasi / koreksi  -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Aula, matras, peluit
F.      Evaluasi
Penilaian melakukan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni   2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
4.1  Mempraktikkan keterampilan gerak dengan langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
B.     Indikator
-         Melakukan gerak dasar langkah
-         Melakukan gerak dasar lompat
-         Melakukan rangkaian gerak dasar langkah dan lompat
-         Melakukan gerak dasar ayunan lengan
C.     Materi Pokok
Gerak Ritmik
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi diberi   penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Melakukan latihan macam-macam gerak dasar langkah   yaitu : ·    Langkah cha-cha-cha ·    Langkah grapevine ·    Langkah mambo ·    Langkah V ·    Langkah sentuh ke kanan -        Melakukan latihan lompat ·    Jingkat ·    Loncat ·    Lompat sergap ·    Split ·    twist -        Melakukan kombinasi langkah dan lompat -        Latihan gerak dasar ayunan ·    Mengangkat tangan di depan ·    Buka dan silang ·    Memompa ·    Tinju ·    Mengayun ·    tepukan -      Melakukan kombinasi gerakan kaki dan   tangan  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang   baru saja dipraktekkan -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  :  Tape Recorder, kaset recorder, aula
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap gerakan / kegiatan yang dilakukan oleh peserta.
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
5.1  Mempraktikkan keterampilan teknik dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab dan kerja keras. 
B.     Indikator
-         Melakukan teknik meluncur
-         Melakukan teknik gerakan kaki
-         Melakukan teknik gerakan lengan
-         Melakukan teknik pernafasan
-         Melakukan latihan koordinasi renang gaya bebas
C.     Materi Pokok
Renang Gaya Bebas
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf ditepian kolam, berdo’a bersama   dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan   pemanasan.  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Latihan teknik meluncur : ·  Berdiri merapat di kolam, salah satu kaki   menempel dinding kolam ·  Kedua tangan lurus keatas disamping   kepala ·  Badan membungkuk ke depan diikuti kedua   tangan ·  Kaki didorongkan dari dinding kolam dan   kaki satunya ditarik keatas ikut mendorong -        Latihan gerkan kaki ·  Gerakan kaki naik turun secara bergantian,   gerakan dimulai dari panggul dan berakhir pada kibasan pergelangan kaki -        Latihan gerakan lengan Dengan jari-jari tangan rapat satu   tangan menekan ke bawah melalui garis tengah badan kemudian lengan mendorong   air ke belakang atas lalu menuju kesamping badan. Siku keluar lebih dulu dari   dalam air sementara lengan masih berada di dalam air melakukan gerakan   mendorong air ke belakang atas dan dilanjutkan memutar lengan membawa tangan   ke depan badan, setelah tangan sampai di depan badan gantian tangan satunya   melakukan gerakan mendayung dan seterusnya.  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
-        Latihan pernafasan Dilakukan   dengan memutar leher ke kiri atau ke kanan sesuai dengan tangan yang   mendayung di belakang, ketika mulut berada di atas permukaan air ambil nafas   melalui mulut begitu tangan yang di belakang diputar ke depan masuk ke air   maka muka kembali lagi ke air sambil membuang nafas -        Latihan koordinasi secara keseluruhan  |    |||
3.  |    Penutup -      Peserta didik dibariskan diatas kolam   renang dipresensi lagi dan dievaluasi kegiatan. -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat  :  Pelampung, peluit, kolam renang
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
6.1  Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah sungai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menoilong, melaksanakan keputusan kelompok
B.     Indikator
-         Memilih lokasi yang aman dan nyaman
-         Menggunakan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan
-         Menelusuri sungai
-         Menerapkan prinsip dasar menjelajah di sungai
C.     Materi Pokok
Penjelajahan di sungai
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi   serta penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan / warming   up  |    10 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
2.  |    Inti -        Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, tiap-tiap   kelompok dipimpin oleh seorang ketua dilanjutkan dengan  -        Pemilihan lokasi yang aman -      Menggunakan perlengkapan yang sesuai   dengan kebutuhan -        Menyeberangi / menelusuri sungai perkelompok -      Menerapkan prisnip dasar penjelajahan /   penyeberangan sungai  |    60 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -        Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi   kegiatan yang telah dipraktekkan -        Informasi-informasi  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Untuk SMA kelas 1 oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Ransel, tongkat, tali
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni   2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah        : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke           :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu          :  …..……………….……………….……………
A.     Kompetensi Dasar
7.1        Menganalisis bahaya penyalahgunaan narkoba.
B.     Indikator
-         Mengklasifikasikan jenis-jenis narkoba yang sering disalah gunakan.
-         Mengidentifikasikan perilaku yang mudah terpengaruh untuk melakukan tindakan penyalahgunaan narkotika.
C.     Materi Pokok
Narkoba
D.    Skenario Pembelajaran
No  |    Kegiatan  |    Alokasi Waktu  |    Metode  |   
1.  |    Pendahuluan -  Berdo’a bersama, diadakan presensi -  Apersepsi : tanya jawab tentang   narkoba  |    10 menit  |    Ceramah Tanya jawab  |   
2.  |    Inti -        Pengertian narkoba adalah semua bahan obat yang   umumnya mempunyai efek kerja bersifat : a.         membius b.        merangsang c.         menimbulkan ketagihan d.        menimbulkan khayalan -        klasifikasi jenis narkoba yang sering digunakan /   disalah gunakan ·    opium ·    morfine ·    ganja ·    kokaine ·    sabu-sabu, dll -        Penyebab memakai narkoba : ·    Pelampiasan dari kekecewaan ·  Kurang mengerti akibat / bahaya dari   narkoba ·    Coba-coba / rasa ingin tahu ·    Pengaruh teman pergaulan ·    Kurang mengamalkan ajaran agama  |    70 menit  |    Ceramah Demonstrasi Tugas  |   
3.  |    Penutup -        Tanya jawab -        Tugas  |    20 menit  |    Ceramah Diskusi  |   
E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek untuk SMA kelas X oleh : Muhajir
Alat  :  Pelampung, peluit, kolam renang
F.      Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan tes tertulis
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si  |    Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP.  |   
Komentar
Posting Komentar