MUSISI MUSIK ZAMAN KLASIK

MUSIK ZAMAN KLASIK

Bila dibandingkan dengan musik era barok, musik era klasik lebih ringan, lebih mudah dan tidak membingungkan, serta mempunya tekstur yang jauh lebih jelas. Melodi yang dimainkan di era ini biasanya lebih pendek dari era barok. Ukuran orkestra sangat berkembang baik dalam kuantitas maupun kualitas.
Ciri-ciri dari musik zaman Klasik, antara lain:
Ornamen lebih dibatasi.
Ada peralihan tempo accelerando dan ritardando.
Ada peralihan dinamik crescendo dan decrescendo.
Harmoni tiga nada atau lebih bunyi bersamaan (homofonik).
Kontras pada ritme.
Pada zaman klasik muncul bentuk komposisi musik yang disebut sonata dan simfoni. Sonata adalah karya musik untuk permainan solo, sedangkan simfoni adalah untuk orkestra. Bentuk simfoni hamper mirip dengan sonata, hanya saja simfoni biasanya dilengkapi dengan bagian sisipan yang disebut minuet, trio, dan scherzo.
Beberapa komponis zaman klasik:
Joseph Haydn

Joseph Haydn
Franz Joseph Haydn (31 Maret atau 1 April 173231 Mei 1809) adalah salah seorang komponis yang paling berpengaruh dari Zaman Klasik yang dijuluki "Bapak Simfoni" atau "Bapak Kuartet Gesek". Haydn menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai musikus untuk keluarga Eszterházy di kediaman mereka yang sulit dijangkau di Austria. Terisolasi dari komponis-komponis lain dan tren musik sampai saat menjelang akhir hayatnya, ia dipaksa untuk, menggunakan istilahnya, "menjadi orisinil".
Joseph Haydn adalah saudara laki-laki Michael Haydn, seorang komponis terkenal, dan Johann Evangelist Haydn, seorang penyanyi tenor.
Wolfgang Amadeus Mozart
Mozart pada usia 21 (1777), lihat pula: bagian wajah
Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun)[1][2] adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.

Carl Philipp Emanuel Bach
Bach Carl Philipp Emanuel 1.jpg
Carl Philipp Emanuel Bach

Carl Philipp Emanuel Bach (8 Maret 1714 - 14 Desember 1788) adalah seorang musisi periode klasik Jerman dan komposer, anak kelima dan kedua (bertahan) anak dari Johann Sebastian Bach dan Maria Barbara Bach. Dia adalah seorang komposer penting dalam transisi antara periode barok dan klasik, dan salah satu pendiri dari gaya klasik, menulis pada periode Rococo dan klasik. Nama kedua adalah diberikan untuk menghormati walinya Georg Philipp Telemann, seorang teman ayah Emanuel.
[Sunting] Kehidupan dan karya
Lihat juga: keluarga Bach
Emanuel Bach lahir di Weimar. Ketika ia berusia sepuluh tahun ia masuk ke Sekolah St Thomas di Leipzig, di mana ayahnya telah menjadi penyanyi pada tahun 1723, dan melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswa yurisprudensi di Universitas Leipzig (1731) dan Frankfurt (Oder) (1735 ). Pada tahun 1738, pada usia 24, ia memperoleh gelar, tetapi sekaligus ditinggalkan prospek nya karir hukum dan bertekad untuk mengabdikan dirinya untuk musik.
Beberapa bulan kemudian (bersenjata dengan rekomendasi oleh Sylvius Leopold Weiss) ia mendapat janji dalam pelayanan Mahkota Pangeran Frederick dari Prusia, Frederick Agung masa depan, dan setelah aksesi Frederick tahun 1740 Emanuel menjadi anggota dari orkestra kerajaan. Dia saat ini salah satu pemain clavier-terkemuka di Eropa, dan komposisi, yang tanggal dari 1731, termasuk sekitar tiga puluh sonata dan potongan konser untuk piano dan clavichord. Selama waktu di sana, Berlin lingkungan artistik yang kaya, di mana Bach dicampur dengan musisi dicapai banyak, termasuk beberapa mantan siswa terkemuka ayahnya, dan tokoh-tokoh sastra penting, seperti Gotthold Ephraim Lessing, dengan siapa komposer akan menjadi teman dekat.
Di Berlin ia terus menulis potongan-potongan musik banyak untuk keyboard solo, termasuk serangkaian potongan karakter, yang disebut "Berlin Potret", termasuk La Caroline.
Reputasinya didirikan oleh dua set dipublikasikan sonata yang didedikasikan masing-masing Agung dan ke grand duke Württemberg. Kepada Frederick Pada 1746 ia dipromosikan ke pos dari musisi kamar, dan melayani raja dengan orang-orang seperti Carl Heinrich Graun, Johann Joachim Quantz, dan Franz Benda.
Publikasi-Nya, Sebuah Esai tentang Seni Sejati Bermain Instrumen Keyboard adalah kerja definitif tentang teknik. Ini mendobrak tradisi kaku dalam memungkinkan, bahkan mendorong penggunaan ibu jari, dan menjadi standar pada teknik jari untuk keyboard. Esai pada dasarnya menjabarkan jari untuk setiap akord dan beberapa urutan akord. Teknik-teknik sebagian besar diikuti sampai hari ini. Bagian pertama dari Essay memiliki bab menjelaskan berbagai hiasan dalam pekerjaan periode, misalnya, trills, ternyata, mordents, dll Bagian kedua menyajikan gagasan Emanuel Bach pada seni bass pikir dan tandingan, di mana ia memberikan preferensi untuk pendekatan kontrapungtal untuk harmonisasi atas ide-ide baru dari teori Rameau dari harmoni dan progresi akar. Pekerjaan Emanuel Bach itu berpengaruh pada, antara lain, Haydn, Mozart, dan Beethoven.
Selama tinggal di Berlin, dia menulis sebuah pengaturan halus dari Magnificat (1749), di mana ia menunjukkan jejak lebih dari biasanya pengaruh ayahnya, sebuah kantata Paskah (1756); simfoni beberapa dan bekerja bersama, setidaknya tiga volume lagu ; dan sekuler cantatas sedikit dan sesekali potongan lainnya. Tetapi pekerjaan utamanya adalah terkonsentrasi pada clavier, yang ia menulis, saat ini, hampir dua ratus sonata dan solo lainnya, termasuk mengatur Mit veränderten Reprisen (1760-1768) dan beberapa dari mereka für Kenner und Liebhaber. Sementara itu, ia menempatkan dirinya di garis depan kritikus Eropa dengan Versuch nya mati wahre über das Seni Clavier zu spielen, sebuah risalah sistematis dan mengagumkan yang pada 1780 telah mencapai edisi ketiga, dan yang meletakkan dasar untuk metode Muzio Clementi dan Johann Baptist Cramer.
Pada tahun 1768 Emanuel Bach berhasil Georg Philipp Telemann (walinya) sebagai direktur musik di Hamburg, dan konsekuensi dari kantor barunya mulai mengalihkan perhatiannya lebih ke arah musik gereja. Tahun berikutnya ia menghasilkan karya musik nya Die Israeliten in der Wüste (The Israel di Gurun), komposisi yang luar biasa tidak hanya karena keindahan yang besar tetapi untuk kemiripan rencananya untuk yang dari Elia Felix Mendelssohn, dan antara 1768 dan 1788 menulis dua puluh -salah satu pengaturan Passion, dan beberapa cantatas tujuh puluh, litani, motets, dan potongan liturgis lainnya. Pada saat yang sama, kejeniusannya untuk komposisi berperan semakin dirangsang oleh karir Joseph Haydn.
Ia menikah dengan Johanna Maria Dannemann pada 1744. Hanya tiga anak-anak mereka hidup sampai dewasa - Johann Adam (1745-1789), Anna Carolina Philippina (1747-1804) dan Johann Sebastian (1748-1778). Tidak menjadi musisi. Emanuel Bach meninggal di Hamburg pada tanggal 14 Desember 1788. Ia dimakamkan di Michaeliskirche (Gereja St Michael) di Hamburg. Ludwig van Beethoven

Lukisan Beethoven oleh Joseph Karl Stieler, 1820


Ludwig van Beethoven, sekitar tahun 1804
Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.
Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.
[sunting] Keluarga dan masa muda
[sunting] Keluarga
Kakek Beethoven, Ludwig Louis van Beethoven (1712-1773) bertugas sebagai penyanyi di kapel istana Bonn. Ayahnya, Johann van Beethoven (1740-1792) bekerja sebagai penyanyi tenor untuk pangeran Bonn (dari tahun 1752). Ibunya bernama Maria Magdalena Keverich (1767-1787). Johann van Beethoven memaksa anaknya latihan piano berjam-jam karena menginginkan anaknya menjadi 'anak ajaib' seperti Mozart. Beethoven mengadakan konser pertamanya pada tanggal 26 Maret 1778 tapi kepandaiannya tak setara dengan Mozart pada usia yang sama.


Rumah kelahiran Beethoven di Bonn
[sunting] Masa muda
Guru komposisi pertama Beethoven adalah Christian Gottlob Neefe (1748-1798). Neefe yang melihat bakat musik Beethoven mengajari Beethoven memainkan komposisi-komposisi milik Bach dan cara berimprovisasi, dia juga membantu Beethoven menerbitkan karya pertamanya (1783). Dalam sebuah majalah musik, Neefe menulis bahwa Beethoven bisa menjadi ‘Mozart’ yang kedua seandainya ia meneruskan kariernya.


Beethoven pada usia 13 tahun
Pangeran Bonn, Franz Xaver Stelker menunjuk Beethoven sebagai wakil Neefe dalam bermain organ dan harpsikord. Pada 1783, Beethoven menerbitkan tiga sonata yang didekasikan kepada Pangeran Franz, tapi karena ia belum mendapatkan gaji dari pekerjaannya, Beethoven meminta untuk menjadi wakil Neefe secara resmi. Permohonan ini dikabulkan pada tahun 1784. Pada 1785, Beethoven menggubah tiga trio piano untuk pangeran namun karya ini tak diterbitkan sampai Beethoven meninggal. Pada saat yang sama, Beethoven belajar musik pada Franz Ries.
Pada 1787, Beethoven pergi ke Wina atas perintah Pangeran. Di sana ia bertemu dengan Mozart dan memainkan piano di depannya. Mozart sangat kagum dengan Beethoven dan dia mengatakan bahwa Beethoven bisa menjadi musikus besar pada masa depan nanti. Kunjungan Beethoven hanya sementara karena uangnya habis, dia juga dipanggil pulang ke Bonn karena ibunya sakit parah akibat TBC, yang kemudian merenggut nyawanya pada 17 Juli 1787. Beethoven terbeban mengurusi kedua adiknya yang masih kecil. Karena ayahnya pemabuk dan menghambur-hamburkan uang untuk alkohol, Beethoven meminta agar gaji ayahnya diberikan kepadanya. Beethoven mendapat penghasilan tetap dengan memberi les piano kepada keluarga bangsawan.
[sunting] Berguru kepada Haydn
Pada 1792, Joseph Haydn sedang menetap di Wina untuk sementara dalam perjalanannya menuju London. Pangeran Waldstein, salah satu teman dekat Beethoven berhasil membujuk Pangeran Franz untuk membiayai perjalanan Beethoven menuju Wina untuk belajar komposisi pada Haydn.
Pelajaran komposisi Beethoven pada Haydn tak berjalan dengan baik. Haydn memang guru yang ramah dan baik namun dia tak memberi banyak perhatian dan tidak mengoreksi tugasnya dengan teliti. Haydn menghargai Beethoven walau dia kurang mengerti ide-ide musiknya. Beethoven tanpa sepengetahuan Haydn belajar komposisi di bawah bimbingan Johann Schenk. Pangeran Franz memanggil Beethoven pulang ke Bonn tetapi Beethoven memilih untuk tinggal di Wina dan berkarier di sana sampai ia meninggal.
Pada saat Haydn pergi ke London pada awal 1794, Beethoven belajar komposisi pada Johann Georg Alberchtsberger dan Antonio Salieri. Beethoven memulai kariernya di Wina sebagai pianis. Pada Maret 1795, Beethoven membawakan Piano Concerto in Bb Major, Op. 19, dia juga mengadakan kunjungan ke Praha, Dresden, Leipzig, dan Berlin pada 1796.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT