tumbuhan obat

Temu Kunci, bumbu dapur yang berkhasiat

Pohon Temu Kunci
Tanaman ini lebih banyak dikenal sebagai bumbu dapur. Biasanya untuk penyedap sayur bening. Temu Kunci tunas juga biasa dimanfaatkan untuk sayuran.
Temu kunci yang banyak tumbuh liar di hutan Jati. Tapi pada dasarnya ia bisa tumbuh di sembarang tempat asal tidak tergenang air dan terkena panas langsung. Temu Kunci memiliki kandungan kimia minyak atsiri (terdiri dari kamfer, sineol, metil sinamat, dan hidromirsen), damar, pati, saponin, flavonoid pinostrolerin, dan alipinetin.

Ketumbar,


Meski bentuknya imut-imut, ketumbar bukanlah bumbu dapur biasa. Bumbu yang biji dan daunnya kerap melezatkan masakan ini ternya bisa dipakai sebagai pembunuh bakteri dan mencegah keracunan makanan.
Menurut tim peneliti dari Portugal, ketumbar atau dalam kuliner Barat disebut coriander ini ampuh untuk membunuh 12 strain bakteri. Dalam penelitian mereka digunakan minyak ketumbar yang dihasilkan dari tanaman ketumbar.
Kemiri
Kemiri dalam bahasa latin adalah Aleurites moluccana (nutmeg). Kemiri salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat. Kemiri dapat digunakan untuk bumbu dapur. Kemiri mengandung minyak yang dapat menumbuhkan dan menghitamkan rambut. Jadi bagi kalian yang ingin rambut kalian tebal dan hitam berkilau

Daun salam obat asam urat - Obat asam urat alami. Mengobati asam urat merupakan salah satu khasiat daun salam. Seperti yang pernah ditulis oleh, Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi. Mengungkapkan pohon dan daun salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai obat asam urat alami.

Mengenai gejala asam urat serta makanan yang dihindari penderita penyakit asam urat bisa dilihat di postingan sebelumnya:
Gejala Penyakit Asam urat.
DAUN SALAM OBAT ASAM URAT
Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

merica (Piper nigrum L.) atau Lada adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah yang berasal dari bijinya. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia. Sebagai bumbu dapur, peranan lada memang sangat penting. Cita rasa pedas dan aroma yang khas terbentuk dengan menambahkan bumbu ini. Pada masa lampau harganya sangat tinggi sehingga memicu penjelajah Eropa berkelana untuk memonopoli lada dan mengawali sejarah kolonisasi Afrika, Asia, dan Amerika.


Kencur
Kencur bisa digunakan sebagai obat masuk angin. Caranya mudah, siapkan satu rimpang kencur sebesar ibu jari, kuliti dan cuci bersih. Lalu dikunyah dan makan dengan garam secukupnya. Minum segelas air putih hangat. Lakukan 2 kali sehari. Kencur juga bisa digunakan untuk melangsingkan tubuh. Caranya, 1 rimpang kencur yang sudah dikuliti dan dibersihkan dicampur 1 sendok tepung beras dan 1 potong gula kelapa, seduh dengan segelas air panas, saring lalu diminum sehari 3 kali.

Jahe
Salahsatu rempah-rempah tertua dan paling penting adalah jahe. Jahe telah di budidayakan di daerah asia tropis selama lebih dari 3000 tahun.Jahe mempunyai nama latin zingiber officinale.Aroma dan rasa jahe sangat khas yaitu panas dan agak pahit.Jahe sangat efektif untuk mengobati rasa mual akibat perjalanan,mengandung antioksidan,berkhasiat sebagai obat sakit perut dan penawar racun serta untuk bumbu masak.

Daun Jintan
Tampilannya yang tebal dan berbulu halus menjadikan orang menyebutnya sebagai daun tebal. Daun ini banyak dipakai di dapur Sulawesi. Aromanya merupakan kombinasi jintan dan adas. Iris halus dan tambahkan pada masakan berkuah untuk mendapatkan cita rasa khas dan tekstur yang kental.

Kunyit
Kunyit bisa digunakan sebagai obat diabetes. Caranya rebus 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam dalam 2 liter air. Biarkan mendidih hingga separuhnya. Disaring dan diminum. Ulangi 2 kali seminggu minum sebanyak setengah gelas. Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya satu rmpang kunyit di tumbuk hingga keluar airnya lalu digosokan ke kulit kepala. Biarkan meresap selama semalam. Bersihkan dengan shampo hingga ketombe hilang.
.
 Pala
Bumbu dapur ini dapat menjadi obat tidur alami. Nama ilmiahnya adalah Myristica fragrans. Berkali-kali saya sudah mempraktekkannya. Semula, saat masih duduk di bangku SMP, saya sering insomnia. Oleh ibu, saya disuruh minum air hangat yang diberi sedikit pala. Tak berapa lama, saya pun telah pulas. Dan esoknya, tidak mengantuk. Suami juga pernah mengalami insomnia akibat mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Hingga jam 3 pagi belum tidur. Saya pun membuatkan ramuan wedang pala. Tak sampai sepuluh menit setelah meminumnya, suami sudah pulas.

Sereh.
Baunya yang harum serta mengandung citronella yang sangat dibenci nyamuk. Nama ilmiah sereh adalah Cymbopogon nardus. Sereh dapat mengobati beberapa penyakit, diantaranya sakit kepala, nyeri lambung, diare, batuk, pegal-pegal, menghilangkan bau badan tak sedap, dan obat nyamuk alami. Tak hanya itu akar: digunakan sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak / obat batuk, bahan untuk kumur, dan penghangat badan. Daun: digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT