ASAL USUL PEKALONGAN

 

Pekalongan adalah sebuah kota yang terletak di pantai utara Pulau Jawa, Indonesia. Menurut sejarah, Pekalongan memiliki asal-usul yang beragam.

Salah satu legenda yang sering didengar mengenai asal-usul Pekalongan adalah legenda Ki Ageng Pandan Arang. Konon, pada abad ke-16, seorang raja bernama Raden Mas Said berkuasa di daerah tersebut. Ia memiliki seorang putri yang sangat cantik bernama Cempa. Suatu ketika, seorang pengembara bernama Ki Ageng Pandan Arang datang ke kerajaan Raden Mas Said dan jatuh cinta pada Cempa.

Namun, cinta mereka tidak berjalan mulus. Ki Ageng Pandan Arang pun melakukan ritual sakti untuk membuat Cempa jatuh cinta padanya. Akibatnya, Cempa jatuh sakit dan tak lama kemudian meninggal dunia. Ki Ageng Pandan Arang dihukum mati oleh raja.

Setelah kejadian itu, daerah tersebut dihantui oleh bencana alam seperti banjir dan kekeringan. Para dukun dan pimpinan masyarakat setempat melakukan ritual untuk mengusir roh jahat Ki Ageng Pandan Arang dari daerah tersebut. Mereka berhasil dan roh jahat itu pergi ke arah timur.

Dari situ muncul nama Pekalongan, yang berasal dari kata "pekalongan" dalam bahasa Jawa yang berarti "terus ke timur". Nama ini dipilih karena roh jahat Ki Ageng Pandan Arang kabarnya melarikan diri ke arah timur.

Namun, selain legenda Ki Ageng Pandan Arang, terdapat beberapa versi lain mengenai asal-usul Pekalongan. Salah satu versi menyebutkan bahwa Pekalongan merupakan hasil perkawinan antara seorang putri dari Cirebon dengan seorang pangeran dari Ponorogo. Versi lain menyebutkan bahwa Pekalongan awalnya merupakan pelabuhan yang terkenal pada abad ke-16 dan 17, dan menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan kain batik. Meskipun terdapat beragam versi mengenai asal-usul Pekalongan, namun kota ini kini telah tumbuh menjadi sebuah kota modern dan maju dengan berbagai industri kreatif seperti batik dan kerajinan tangan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT