ASAL USUL PURBALINGGA

 Purbalingga adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Asal-usul nama Purbalingga memiliki beberapa versi yang berbeda.

Versi pertama menceritakan bahwa pada abad ke-15, daerah Purbalingga merupakan wilayah yang dikuasai oleh seorang penguasa kecil bernama Raden Mendra Kusuma. Ia membangun sebuah pura atau tempat ibadah Hindu yang disebut dengan "pura blinga". Pura blinga ini kemudian menjadi pusat kegiatan keagamaan di daerah tersebut dan seiring berjalannya waktu, nama "pura blinga" berubah menjadi "Purbalingga".

Versi kedua mengatakan bahwa asal-usul nama Purbalingga berasal dari kata "pura" yang berarti tempat suci dan "balengga" yang artinya batu besar. Konon, pada zaman dulu, di daerah tersebut terdapat sebuah batu besar yang dipercayai sebagai tempat kediaman dewa-dewa. Oleh karena itu, daerah tersebut kemudian disebut dengan nama "Purbalingga".

Versi ketiga mengatakan bahwa asal-usul nama Purbalingga berasal dari kata "baling" yang berarti perempatan atau pertemuan. Daerah Purbalingga dikelilingi oleh beberapa daerah yang saling berhubungan dan bertemu di wilayah tersebut, seperti Banjarnegara, Wonosobo, dan Banyumas. Oleh karena itu, daerah tersebut kemudian disebut dengan nama "Purbalingga".

Meskipun terdapat beragam versi mengenai asal-usul nama Purbalingga, namun kini daerah tersebut telah tumbuh menjadi sebuah kabupaten yang maju dan memiliki potensi wisata yang menarik, seperti air terjun, situs bersejarah, dan keindahan alam pegunungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT