ASAL USUL TEGAL

 

Tegal adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Asal-usul nama Tegal sebenarnya belum dapat dipastikan dengan pasti, namun terdapat beberapa versi yang menjadi cerita rakyat mengenai asal-usul kota Tegal.

Salah satu cerita rakyat mengenai asal-usul Tegal menceritakan tentang seorang putri bernama Nyai Ageng Manis yang tinggal di sebuah desa di daerah tersebut. Konon, pada zaman dulu, daerah tersebut sering dilanda bencana alam seperti banjir dan kekeringan. Untuk mengatasi bencana tersebut, Nyai Ageng Manis melakukan semedi dan memohon petunjuk dari Tuhan.

Dalam kesembuhan tersebut, Nyai Ageng Manis mendapat petunjuk untuk membuat sumur di desanya. Sumur tersebut kemudian menjadi sumber air bersih yang tak pernah kering dan mampu mengatasi masalah banjir dan kekeringan yang sering terjadi di daerah tersebut. Sejak saat itu, daerah yang dikenal dengan nama "Tegel", yang dalam bahasa Jawa berarti sumur.

Versi lain mengenai asal-usul Tegal menceritakan tentang sejarah pelabuhan di daerah tersebut. Konon, pada abad ke-17, Tegal adalah sebuah pelabuhan yang ramai dan menjadi pusat perdagangan internasional di pantai utara Jawa. Para pedagang yang singgah di pelabuhan tersebut menyebut daerah tersebut dengan nama "Teakhol" yang kemudian berubah menjadi "Tegal". Nama "Teakhol" sendiri berasal dari bahasa Belanda "teak hout" yang berarti kayu jati, mengingat kayu jati menjadi salah satu komoditas utama yang dipasarkan di daerah tersebut.

Meskipun nama asal-usul Tegal belum dapat dipastikan dengan pasti, namun kota ini telah tumbuh menjadi sebuah kota yang maju dan menjadi pusat perdagangan dan industri di wilayah pantai utara Jawa Tengah

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT