SEKILAS ASAL USUL KOTA PEMALANG

Kota Pemalang dalam bahasa Jawa disebut "Kutha Pemalang" atau "Pemalang". Asal-usul nama kota ini konon berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu "Pema" dan "Alang". "Pema" berarti merah, sedangkan "Alang" berarti bunga. Konon, pada zaman dulu, daerah ini terkenal dengan bunga merah yang tumbuh di sepanjang sungai di wilayah Pemalang, sehingga daerah ini dikenal sebagai "Pema-alang" atau "Bunga Merah".

Ada pula sebuah legenda yang menceritakan tentang asal-usul kota Pemalang. Konon, pada zaman dahulu, tempat ini dihuni oleh sekelompok petani yang hidup dengan sederhana. Salah satu petani yang tinggal di sana bernama Ki Gede Pemanahan. Pada suatu hari, Ki Gede Pemanahan diberkahi oleh dewa dengan sebuah benda ajaib yang dapat membuat apa pun yang diinginkannya menjadi kenyataan. Ki Gede Pemanahan meminta agar tanah di sekitar tempat tinggalnya menjadi subur dan produktif. Dewa pun mengabulkan permintaannya, dan daerah tersebut menjadi subur dan ramai dihuni oleh penduduk.

Seiring berjalannya waktu, daerah tersebut semakin berkembang dan dikenal dengan nama Pemalang. Hingga pada akhirnya, daerah tersebut menjadi sebuah kota yang maju dan berkembang seperti sekarang ini. Legenda ini menjadi salah satu cerita yang sering didengar oleh masyarakat setempat tentang asal-usul nama dan sejarah kota Pemalang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH NASKAH DRAMA BAHASA JAWA

UPACARA ADAT JAWA

SEJARAH DESA PENGGARIT