Sabtu, 17 November 2012

Manfaat TIK dalam Berbagai Bidang



Seiring perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,  kebutuhan TIK sangat berperan sehingga peranan TIK sudah tersebar di berbagai bidang  kehidupan ini.  Dengan demikan TIK  sekarang menjadi sebuah kebutuhan primer bukan sekunder lagi. Untuk lebih jelasnya bagimana peran TIK di berbagai bidang  yaitu :
1. Peranan TIK dalam Keluarga
Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang memiliki komputer di rumah mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan bantuan sebuah komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur keuangan keluarga, mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi keluarga-keluarga di negara maju,  komputer juga digunakan sebagai alat untuk berbelanja secara elektronik dengan cara melakukan pemesanan barang secara on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik. Barang yang dibeli akan segera diantar ke rumah sehingga pembeli tidak perlu beranjak dari rumah.

2. Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan
Kehadiran Teknologi Informasi dan Komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah melalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet.  Dengan Teknologi Komputer dan Internet,  para Siswa atau Mahasiswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana pun karena hampir semua materi pelajaran dapat diperoleh melalui CD atau langsung diakses melalui Internet.
Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara maju. Sekarang ini, komputer sudah mulai diperkenalkan di sekolah. Mulai dari pendidikan prasekolah (playgroup) sampai Universitas. Bagi anak-anak playgroup dan taman kanak-kanak, sudah tersedia berbagai media pembelajaran melalui komputer yang memungkinkan pembelajaran secara interaktif  tanpa meninggalkan sifat anak-anak, yaitu bermain.  Secara umum, peran TIK dalam lingkungan pendidikan dapat dirasakan oleh para Siswa, sekolah, dan Orang tua.
3. Bagi Para Siswa atau Mahasiswa
Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para Siswa atau Mahasiswa. Para Siswa dapat memperoleh bahan-bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book) untuk mendapatkan koleksi perpustakaan berupa buku,  modul,  jurnal,  majalah, atau  surat kabar.  Kehadiran Internet  juga  memungkinkan dilakukannya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Maksudnya untuk  mendapatkan materi pelajaran, para Siswa atau Mahasiswa tidak harus terikat dengan ruang dan waktu di ruang kelas pada jam-jam pelajaran.
Mereka dapat memperoleh  materi melalui komputer di rumah yang tersambung dengan internet atau  melalui warnet-warnet  yang memberikan layanan akses internet.  Bahkan, dimungkinkan para Siswa atau Mahasiswa melakukan komunikasi dengan Guru atau Dosen melalui fasilitas e-mail atau berbicara atau bertatap muka melalui fasilitas teleconference/ video-conference.
4. Bagi Guru atau Sekolah
Di samping untuk kegiatan pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dapat digunakan untuk kegiatan administratif para Guru. Misalnya, mengetahui data Siswa, seperti nama, Orang tua Siswa, asal,  latar belakang pendidikan sebelumnya, maupun data akademik seperti  jadwal,  nilai-nilai siswa, dan catatan prestasi. Kegiatan pemrosesan nilai untuk menentukan nilai rata-rata, ranking, kelulusan, dan kejuaraan sekolah dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat. Para Guru tidak perlu lagi melakukan penghitungan secara manual dengan bantuan mesin hitung kalkulator karena apabila nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem komputer,  proses penghitungan akan dilakukan oleh komputer juga dan hasilnya dapat dilihat dalam sekejap.
5. Bagi Orang Tua
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi memungkinkan orang  dapat memantau perkembangan pendidikan anaknya melalui komputer dan internet. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan melihat hasil pembelajaran anaknya, mulai nilai harian, penugasan,  nilai ujian, dan prestasi secara keseluruhan.
6. Peranan TIK dalam Kantor
Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan administrasi. Pembuatan surat-surat yang dahulu  menggunakan mesin ketik manual kini digantikan oleh komputer. Di samping  hasilnya lebih rapi dan dapat dikoreksi sebelum dicetak,  surat juga dapat disimpan dalam bentuk dokumen elektronik. Apabila suatu saat diperlukan kembali maka dokumen/file tersebut dapat digunakan  kembali atau diubah sesuai keperluan.  Jelas ini dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengetik lagi.
Selain pekerjaan tulis menulis, didalam kantor juga terdapat kegiatan penyimpanan dokumen-dokumen penting.  Dokumen-dokumen yang telah disimpan dinamakan arsip. Adapun kegiatan penyimpanan dokumen disebut pengarsipan. Saat ini, kegiatan penyimpanan ternyata juga dapat dilakukan dengan bantuan komputer (pengarsipan elektronik).  Program yang digunakan disebut  earchieves.
Semua catatan tentang arsip maupun salinan dokumen dapat disimpan pada harddisk, disket, atau pun  CD dalam bentuk data elektronik. Keuntungan-keuntungan menggunakan  e-archieves di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Tidak memerlukan tempat yang luas.
b. Memudahkan pencarian arsip.
c. Dapat diakses melalui jaringan komputer.
d. Relatif aman terhadap kerusakan fisik.
e. Data arsip dapat disalin setiap saat.

7. Peranan TIK dalam Industri dan Manufaktur
Dalam bidang industri,  komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat,  mudah, dan memiliki ketepatan tinggi.  Sebagai contoh,  untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual.  Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).
Pada tahap produksi,  digunakan  robot yang dikendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC)  dan  Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan disimulasikan dengan komputer.
Dari penjelasan tersebut,  dapat disimpulkan bahwa  peran  TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat  dilakukan dengan sesedikit  mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.

8. Peranan TIK dalam Bidang Bisnis dan Perbankan
Peranan TIK  dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah  untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi,  baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu TIK merupakan keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis dan perbankan.
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik,  dan akunting (keuangan).  Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang,  membuat laporan keuangan,  meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.
Sistem Informasi Manajemen  (SIM)  dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan Informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan.  Adapun dari sisi pelanggan,  peranan sistem komputer adalah  meningkatkan kecepatan,  ketepatan,  dan kualitas layanan.  Bagi bisnis perdagangan,  seperti department store, sistem informasi manajemen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader,  yaitu  alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer.
Penggunaan barcode  reader  memudahkan  pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat  ini terhubung  dengan komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan  hasil transaksi  setiap saat untuk  mengetahui jenis barang, sisa stok,  barang-barang  yang  harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi. Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi manajemen.
Dalam dunia perbankan,  selain untuk menjalankan  kegiatan-kegiatan  rutin kantor, sistem komputer dapat membantu pelayanan terhadap  para nasabah dengan baik.  Dewasa ini,  hampir setiap bank memiliki sistem on-line yang memungkinkan antara satu  cabang  bank dengan cabang lainnya dapat  saling berhubungan sehingga dapat membantu  para nasabah  melakukan transaksi. Misalnya,  meskipun  rekeningmu tercatat pada bank A di kota Jakarta,  kamu tetap dapat melakukan transaksi, seperti menabung,  mengambil uang,  dan  transfer pada bank A di kota Yogyakarta.
Sistem on-line  juga memungkinkanmu  untuk melakukan pengiriman uang dari bank A ke bank B  (antarbank yang berbeda).  Selain itu,  pihak bank  juga menyediakan  fasilitas-fasilitas berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa Kartu Kredit (Credit Card),  Kartu Debit  (Debit Card),  serta Kartu ATM (Automated Teller Machine) atau Anjungan Tunai Mandiri yang memberikan kemudahan para nasabah untuk melakukan  hampir semua  transaksi dalam berbelanja.  Teknologi handphone juga sudah menyediakan layanan e-banking  yang memungkinkan transaksi lewat handphone.

9. Peranan TIK dalam Bidang Teknik dan Teknologi
Bidang Teknik dan Teknologi sejak awal merupakan bidang yang paling banyak memanfaatkan sistem komputer sebagai alat mama para ilmuwan untuk menunjang pekerjaannya.  Hal ini dikarenakan pekerjaan  dan perhitungan yang rumit dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan akurat. Penelitian dan riset yang dapat membahayakan  manusia dan  membutuhkan biaya besar kini dapat disimulasikan oleh komputer.
Sebagai contoh,  para ahli nuklir  dapat  membuat  model reaktor nuklir dengan komputer dan tidak perlu membuat model yang sebenarnya. Gambaran kondisi-kondisi yang menyerupai  keadaan  sebenarnya  diciptakan dengan komputer untuk mengetahui tingkat keamanan sebuah reaktor nuklir bagi lingkungan.
Dalam bidang teknik  geologi,  sistem komputer dengan bantuan satelit dapat mempelajari keadaan tanah di suatu tempat untuk mengetahui kandungan-kandungan mineral yang memungkinkan diadakan penambangan seperti minyak, batu-bara, atau emas. Pada bidang teknik sipil,  komputer dapat membantu para arsitek untuk merancang sebuah bangunan  yang  tinggi dan rumit untuk mengetahui kekuatan serta keamanannya terhadap goncangan gempa bumi. Dalam bidang bioteknologi, komputer dapat menggambarkan molekul-molekul secara visual dan melakukan percobaan simulasi dengan mereaksikan molekul-molekul tadi dan melihat hal-hal yang terjadi.
 10. Peranan TIK dalam Bidang Komunikasi
Kemajuan Teknologi  Komputer  dan  komunikasi  melahirkan sebuah  jaringan komputer dunia (global) atau biasa disebut internet (internetworking). Dengan komputer dan internet,  kamu  dapat  melakukan  komunikasi data berupa teks, gambar,  video,  dan suara. Komunikasi dalam bentuk teks dapat  dilakukan melalui fasilitas  e-mail (surat elektronik) dan chatting (komunikasi lewat teks secara langsung).
Kamu juga dapat melakukan komunikasi teleconference (konferensikapat jarak jauh melalui suara),  komunikasi video-konferensi  (komunikasi yang memungkinkan dapat berbicara sekaligus bertatap  muka dengan lawan bicara),  dan komunikasi telepon murah melalui  teknologi  VOIP ( Voice Over Internet Proto-col).  Melalui internet,  kamu dapat memperoleh  berbagai macam informasi yang  kamu butuhkan, seperti berita dart berbagai media, buku-buku perpustakaan (e-library), belanja secara on-line, mendengarkan radio dan musik, menonton televisi, bermain games, konsultasi, pemesanan  kamar  hotel dan  tiket pesawat. Hampir segala macam kebutuhan tersedia di internet.

11. Peranan TIK dalam Bidang Kedokteran
Pada  bidang kedokteran, komputer banyak digunakan untuk membantu para dokter dalam berbagai hal,  di antaranya sebagai berikut.
a. Memeriksa,  mendiagnosa,  dan menentukan penyakit pasien dengan memasukkan data-data  keluhan pasien ke dalam sistem komputer.
b. Menentukan  jenis  terapi dan pengobatan  berdasarkan informasi dari sistem komputer.
c. Mempercepat proses uji laboratorium pasien.
d. Memantau kondisi pasien  (denyut jantung, suhu, dan tekanan darah pasien).
Beberapa  program  yang  digunakan dalam  dunia kedokteran di antaranya adalah sebagai berikut.
a.Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) yang memungkinkan dokter untuk menganalisa organ tubuh manusia yang tidak bergerak serta melihat kelainan yang terjadi secara visual  di layar komputer.  Dengan demikian, akan segera diketahui bagian tubuh yang perlu dilakukan terapi atau operasi.
b.Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor) untuk melihat organ yang bergerak. Untuk  keperluan pemeriksaan. Sistem ini dapat menghilangkan gambar organ yang tidak diperlukan,  sehingga  pemeriksaan  terpusat  pada organ tertentu. Dengan system DSR,  kamu  dapat  melihat  gambar secara  tiga dimensi sehingga USG merupakan salah satu manfaat TIK dalam bidang kedokteran. Dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
c.Sistem komputer DNA yang mampu mendiagnosa penyakit  pasien dan menentukan obat yang dibutuhkan pasien.
12. Peranan TIK datam Bidang Pertanian
Pada pertanian besar,  pemupukan  dapat dilakukan oleh pesawat  terbang yang dilengkapi dengan kamera. Dari kamera, diperoleh masukan keadaan tanah yang kemudian dianalisis oleh komputer untuk mengetahui kadar air dan mineral yang terkandung  di dalamnya.  Sehingga, banyaknya pupuk yang harus disemprotkan ke ladang pertanian dapat ditentukan. Dengan cara ini, pemupukan dapat dilakukan secara tepat.

13. Peranan TIK dalam Bidang Transportasi
Terdapat empat jenis transportasi yang digunakan manusia saat ini,  yaitu transportasi darat,  laut,  udara, dan  ruang angkasa.  Semua  kegiatan bidang transportasi tersebut tidak lepas dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia, sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah,  kuning,  atau  hijau  tergantung  pada keadaan lalu lintas. Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
Sistem navigasi kapal but sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
Seperti  halnya  transportasi laut,  transportasi  udara sangat  membutuhkan bantuan sistem komputer. Sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat.  Mulai dari lepas landas,  saat terbang,  sampai saat pendaratan. Dengan sistem komputer,  pilot dapat mengatur kendali pesawat, menentukan posisi pesawat,  menghitung  ketinggian,  mengatur kecepatan, mengetahui bahan bakar, bahkan mendeteksi secara dini keadaan cuaca yang dapat membahayakan pesawat terbang.
Demikian juga sistem  komputer  yang  ada di bandara berfungsi untuk membantu sebuah pesawat ketika  akan melakukan lepas landas sampai pada pendaratan.
Hal yang menjadi impian bagi manusia sekarang ini adalah perjalanan ruang angkasa antarplanet.  Meski masih  jauh dari kenyataan, tetapi berbagai percobaan sudah dilakukan dengan  dilakukannya  misi penerbangan ke bulan dan penerbangan tanpa awak ke planet Mars.  Semua itu dapat dilakukan dengan bantuan sistem komputer.
14. Peranan TIK dalam Bidang Pemerintahan
Sekarang ini,  muncul istilah e-government  sebagai penggunaan Teknologi Informasi yang dapat  meningkatkan  hubungan  kerja sama antara  pemerintah dengan pihak-pihak lain, seperti warga masyarakat melalui Government to Citizen (G2C),  perusahaan-perusahaan bisnis melalui Government to Business Enterprises (G2B),  pemerintah lain melalui Government to Government (G2G).  Dengan e-government,  keputusan-keputusan politik  dapat segera dilakukan dan disosialisasikan kepada masyarakat, para pelaku bisnis, dan pemerintahan negara lain. Disamping itu, warga negara dapat memberikan masukan-masukan maupun kritik terhadap pemerintah secara langsung melalui e-mail ataupun forum elektronik yang dibangun. Dengan e-government,  juga dimungkinkan pengenalan potensi wilayah melalui Internet untuk menarik minat para investor asing maupun domestik.
Untuk menanamkan investasi serta pengenalan tempat-tempat pariwisata kepada wisatawan asing maupun domestik.
Pada saat negara kita melakukan pemilihan umum tahun 2004, ternyata Teknologi Informasi sudah diterapkan. Hasil yang sudah dihitung di setiap wilayah kabupaten dimasukkan ke sistem komputer yang terhubung dengan sistem komputer Komite Pemilihan Umum Pusat sehingga hasilnya dapat segera diketahui oleh warga masyarakat melalui media massa. Semua itu dimungkinkan karena adanya sistem komputer yang terintegrasikan dalam internet.


Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi



Selain memberikan keuntungan, ternyata peralatan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Dampak negatif tersebut muncul sebagai akibat dari penggunaan yang salah atau tidak bertanggung jawab dari yang menggunakan.
Berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi antara lain: pelanggaran hak cipta, berbagai jenis kejahatan yang menggunakan fasilitas internet, penyebaran virus komputer, berbagai jenis tindak kriminal (pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan).
b.        Penjelasan Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.    Pelanggaran Hak Cipta
Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. HaKI mencakup dua katagori yaitu Hak Cipta dan Hak Kekayaan Indutri. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan undang-undang yang berlaku. Sedangkan Hak Kekayaan Industri meliputi paten, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang dan varietas tanaman. Undang-undang yang mengatur Hak Cipta adalah Undang-undang No. 19 tahun 2002 yang menjelaskan beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi terdiri dari berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Di dalam peraturan hak cipta ada beberapa hak yang didapatkan oleh seseorang atau beberapa orang yang secara hukum telah menjadi pemegang hak cipta, yaitu hak ekslusif, hak ekonomi dan hak moral. Hukuman atau sanksi yang diberikan bagi pelanggar Hak Cipta, adalah tuntutan hukuman pidana ataupun gugatan perdata.
2.  Kejahatan di Internet
Ciri-ciri kejahatan di internet:
·         Kejahatan tidak mengenal batas negara dan teritorial, kapan pun dan di manapun bisa muncul.
·         Perbuatan yang dilakukan tersebut bersifat ilegal atau tidak etis.
·         Menggunakan peralatan yang berhubungan dengan komputer dan internet.
·         Kerugian yang diakibatkan jauh lebih besar daripada kejahatan biasa.
·      Pelaku kejahatan adalah orang yang mengerti dan memahami dengan baik tentang internet, komputer dan berbagai aplikasinya.
Jenis-jenis kejahatan di internet:
·      Unauthorized Access
·      Cyber Sabotage and Extortion
·      Cyber Espionage
·      Data Forgery
·      Illegal Contents
·      Infrigements of Privacy
·      Phising
·      Spamming
·      Offense Againts Intellectual Property
·      Carding
3.  Penyebaran Virus Komputer
Virus komputer adalah sebuah program yang berukuran relatif kecil dan bersifat sebagai parasit yang mampu hidup dan menggandakan dirinya menyerupai file maupun folder dan sangat mengganggu pengguna komputer yang terinfeksi.  Virus komputer meyebar melalui berbagai media termasuk media internet dan penyimpanan (file storage) seperti CD-ROM, Disket, Flash Disk, Hard Disk, dan Memory Card.
4.   Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan
Berbagai peralatan TIK seperti TV, internet, banyak menayangkan dan menampilakan tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang dengan cepat ditiru para penikmatnya.
c.        Pencegahan Dampak Negatif TIK
1.    Mencegah penyebaran virus komputer
·      Menginstal anti virus
·      Selalu meng-Update database Program anti virus secara teratur
·      Berhati-hati dalam menjalankan file baru seperti file yang baru diambil dari internet atau file attachment sebuah email
·      Kenali gejala-gejala masuknya virus seperti komputer jadi lambat, sering crash, dan tiba-tiba restart sendiri
·      Selalu membuat backup terhadap file-file yang penting agar saat komputer terserang virus, maka kita masih punya data yang aslinya
2.  Secara umum dampak negatif TIK dapat dicegah dengan cara sebagai berikut.
·      Perlunya penegakkan hukum yang berlaku dengan dibentuknya polisi internet yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dan penerapan teknologi informasi.
·      Menghindari pemakaian telepon seluler yang berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi penggunaan telepon seluler.
·      Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif.
·      Perbanyak membaca buku-buku yang menambah keimanan (religi).
·      Perbanyak aplikasi komputer yang bersifat mendidik.
·      Harus bisa mengatur waktu antara berada di depan komputer/internet atau bermain games dengan porsi belajar dan istirahat.
·      Gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin.
·      Perlunya kewaspadaan terhadap tayangan televisi yaitu dengan:
Ø Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan yang mengandung
Ø mistis dan kekerasan.
Ø Memperhatikan batasan umur peninton pada film yang sedang ditayangkan.
Ø Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan Satelit.
Ø Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
·      Perlunya kewaspadaan terhadap penggunaan komputer dan internet, meliputi:
Ø Mewaspadai muatan pornografi digital baik online maupun offline.
Ø Mewaspadai kekerasan pada permainan / games komputer.
Ø Cek history browser untuk melihat situs apa saja yang sudah dilihat oleh anak.
Ø Menggunakan program pemblokir situs dan konten dewasa seperti Program filtering dan parental control.
Ø Hindari penempatan komputer didalam kamar, letakkan komputer pada daerah yang mudah diawasi.
Hindari fasilitas internet jika komputer harus terpaksa diletakkan di kamar anak.








Dampak Positif TIK di bidang Pendidikan Indonesia

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan
1.      Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.      Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.      Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.      Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.

Transformasi informasi ini memiliki banyak manfaat positif, namun sayangnya juga membawa berbagai dampak negatif diantaranya:

1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

Menurut pendapat para pakar informasi, dampak negative dari berbagai fasilitas komunikasi, termasuk internet, sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata, karena dampak negatif tersebut sangat mempengaruhi aktivitas penggunanya. Berikut ini contoh kejahatan maupun tindakan amoral yang paling banyak ditemui sebagai dampak negatif TIK, diantaranya: Pornografi, Tayangan berupa kekejaman dan kesadisan, Penipuan, Carding, Perjudian dan Ketergantungan.

Dampak negatif TIK diatas dapat dicegah dengan cara-cara berikut:

1. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan chiber task yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah. Hal ini meliputi keamanan teknologi, system rekap data, serta fungsi pusat penanganan bencana.
2. Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel.
3. Televisi:
  1. Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
  2. Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
  3. Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan satelit.
  4. Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
4. Komputer dan internet:
  1. Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline).
  2. Mewaspadai kekerasan pada game.
  3. Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
  4. Menggunakan program filtering dan Parental Control.
  5. Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar.
  6. Jika terpaksa meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan fasilitas internet.
5. Perbanyak buku yang bersifat edukatif di rumah.
Disamping Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
  1. Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia
  2. Kurang siapnya proses transformasi teknologi
  3. Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi
  4. Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
  5. Memerlukan biaya yang cukup tinggi
  6. Belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar